Objek Wisata Danau Maninjau Di Padang Sumatra Barat Salah Satu Destinasi Terbaik


Danau Maninjau berada di distrik Tanjung Raya, Agam, Sumatra Barat, Indonesia. Danau ini terletak sekitar 140 kilometer utara Padang, ibukota Sumatra Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam.

Danau Maninjau yang indah di Sumatra Barat, adalah salah satu tempat paling tenang di Indonesia. Datanglah ke danau kuno ini, yang terletak di dalam kawah gunung berapi, untuk melarikan diri dari keramaian dan hiruk pikuk seluruh negeri.

Maninjau adalah danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut, sedangkan luasnya sekitar 99,5 km² dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter.
Cekungan ini terbentuk oleh letusan gunung bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), itu bisa dilihat dari bentuk perbukitan di sekitar danau yang menyerupai seperti tembok. Menurut legenda di Minang, di mana Maninjau terkait erat dengan kisah Bujang Sembilan.

Legenda "Bujang Sembilan" (secara kasar diterjemahkan sebagai "Sembilan Pria Muda") berbasis di sekitar danau ini. Menurut cerita rakyat setempat, salah satu lelaki dalam cerita itu mati dengan menenggelamkan dirinya ke dalam kawah. Kawah kemudian mengembang, membentuk danau.
Danau Maninjau adalah sumber air ke sungai bernama Batang Sri Antokan. 

Di salah satu bagian danau yang merupakan bagian hulu ada Tenaga Air Maninjau. Puncak tertinggi di sekitar Danau Maninjau dikenal sebagai puncak Lawang. Untuk mencapai Maninjau dari Bukittinggi dengan melewati Kelok 44 sepanjang sekitar 10 km dari Ambun Pagi ke Maninjau.

Dengan pemandangan yang menginspirasi dan lingkungan yang tenang, kunjungan ke Danau Maninjau akan membuat Anda santai dan segar kembali. Jika Anda mencari pemandangan yang fantastis, resor Maninjau bertengger di atas bukit, Paket Wisata Padang menawarkan beberapa pemandangan terbaik ke danau dan objek wisata lainnya selama tour anda di Sumatra barat.


Maninjau adalah danau terbesar kedua setelah Danau Batur yang memiliki luas 129,69 km² dan terletak di dua kabupaten di Kabupaten Tanah Datar dan Solok. Di sekitar Danau Maninjau terdapat fasilitas wisata, seperti hotel, juga penginapan dan restoran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memilih Tepung Yang Tepat

Manajemen Penyewaan Liburan Untuk Anda

Menikmati Keindahan Dan Pesona Alam